Tentang Manfaat dan Khasiat Buah Manggis

01/03/2015 02:54
Tentang Manfaat dan Khasiat Buah ManggisT
entang Manfaat dan Khasiat Buah Manggis oleh Jokowarino.com Tempat Berbagi Informasi Mengenai Pertanian Indonesia. Manggis adalah buah yang tidak asing bagi Anda, terutama bagi masyarakat Indonesia. Buah yang memiliki bentuk bulat, dengan tekstur kulit yang halus dan warna merah tua cenderung gelap kegelap dan memiliki buah putih adalah buah yang sudah terkenal. Selain rasa buahnya manis masih banyak manfaat buah ini untuk kesehatan Anda. Tapi apakah Anda pernah membayangkan setiap bagian dari buah ini yang dapat digunakan sebagai obat? Kulitnya, jadi mungkin terdengar sedikit aneh, terutama bagi anda yang merasa bahwa kulit manggis merupakan bagian yang dapat dimakan. Namun menurut hasil penelitian Ir. Kasma Iswari pada tahun 2005 kandungan tertinggi xanthones ditemukan dalam kulit buah menggis ini.
 
Tapi, apa yang Xanthone sendiri? Xanthone adalah zat kimia alami yang tergolong senyawa polifenol, yang yang tidak dapat ditemukan dalam buah-buahan lainnya. Oleh karena itu, medis dan farmasi dijuluki sebagai ratu buah manggis. Tidak hanya xanthoone yang terkandung dalam kulit buah manggis, ada banyak zat yang berguna seperti zat catechin, pottasium, fosfor, kalsium, zat besi, vitamin B1, B2, B6, dan vitamin C.
 
Xanthone dikenal sebagai antioksidan dan memiliki tingkat tinggi dari bahan aktif yang stabil dalam kondisi panas atau dingin, termasuk bila dalam tubuh manusia. Kulit manggis mengandung antioksidan sebanyak 17.000 hingga 20.000 ORAC per 100 ons. Sementara itu, tanaman lain yamg dianggap memiliki antioksidan tinggi, seperti wortel dan jeruk, yang masing-masing hanya memiliki 300 dan 2.400 ORAC.
 
Sendiri ORAC singkatan oksigen absorbansi radikal capasity, yakni kemampuan antioksidan yang dapat menetralisir radikal bebas sumber penyakit, seperti stroke, diabetes, masalah jantung, dan kanker. Oleh karena itu, xanthones mampu menjadi pelindung yang diperlukan untuk sel-sel tubuh kita selama proses oksidasi, penuaan, atau perusakan sel-sel tubuh yang disebabkan oleh radikal bebas yang biasa kita temui di pencemaran lingkungan. Xanthone juga berkhasiat sebagai anti-bakteri, anti-penuaan, anti-Parkinson, anti-Alzheimer, anti-alergi anti-infeksi, anti-inflamasi, anti-kelelahan dan anti-inflamasi.
 
Pada tahun 2010 seorang dokter dari Jakarta memeriksa kapsul buah manggis untuk beberapa pasien yang menderita asam urat, kolesterol tinggi, dan gula darah tinggi. Hasilnya, setelah mengambil kapsul setiap hari dalam waktu satu bulan, semua konten penyakit dalam penurunan darah mereka dan menjadi normal kembali. Ini membuktikan bahwa kandungan xanthones dalam buah ini sangat bermanfaat bagi kesehatan manusia.
 
Jika Anda ingin mendapatkan informasi lebih lengkap terkait dengan sifat-sifat buah manggis, Anda dapat memperoleh informasi dari buku-buku tentang kemanjuran manggis manggis berjudul Kulit Tinggi Berkhasiat. Buku ini tersedia di toko buku Gramedia di seluruh Indonesia. tetapi jika Anda tertarik untuk mengkonsumsi ekstrak kulit manggis adalah Anda tidak perlu lagi mencari ekstrak ini dari luar negeri. Karena di Indonesia sendiri telah diproduksi dan telah didistribusikan secara luas di apotek apotek dalam bentuk kapsul. Tetapi jika Anda ingin membuat diri tidak ada salahnya jika Anda membuat Anda sendiri dengan cara manggis mennghaluskan kulit kemudian mengambil air jus untuk konsumsi. Baca tulisan menarik lain di Jokowarino.com Tempat Berbagi Informasi Mengenai Pertanian Indonesia